Jumat, 10 April 2020

Published April 10, 2020 by with 0 comment

Gambar Rumah Adat Betang Kalimantan Tengah

Rumah adat kalimantan kalimantan terbagi atas 5 provinsi yaitu kalimantan barat kalimantan tengah kalimantan timur kalimantan selatan dan kalimantan utara yang masing masing memiliki rumah adat kalimantan yang berbeda beda khasnya. Di kalimantan timur yang juga dihuni oleh masyarakat dayak rumah seperti ini disebut lamin.

Jadikan Sandung Dan Huma Betang Sebagai Cagar Budaya

Berikut ini penjelasan tentang gambar gaya arsitektur desain dan nilai nilai filosofinya rumah adat kalimantan tengah rumah betang gambar dan penjelasannya adat tradisional.

Gambar rumah adat betang kalimantan tengah. Kalimantan utara masuk dalam provinsi kalimantan yang merupakan provinsi terbaru yang baru saja diresmikan pada tahun 2012. Untuk karakteristik rumah adat kalimantan tengah ini sebenarnya sama seperti rumah betang lain yakni menghadap ke sungai kahayan dan yang dibangun oleh tamanggung runjan seorang penduduk tewah di tahun 1868. Suku banjar biasanya menamakan rumah tradisonalnya dengan sebutan rumah banjar atau rumah bahari.

Rumah adat kalimantan tengah dari suku dayak bernama rumah betang. Sebenarnya hampir sama dengan wilayah kalimantan yang lain rumah adat di sini kebanyakan berbentuk panggung dan bentuknya panjang. Rumah betang toyoi telah mengalami pemugaran sampai beberapa kali tapi keasliannya masih tetap terjaga.

Rumah adat di kalimantan tengah biasa disebut dengan rumah betang. Selain rumah betang di kalimantan tengah juga kita mengenal beberapa rumah adat lainnya seperti rumah baanjung baanjung adalah nama kolektif untuk rumah tradisional suku banjar dan suku dayak bakumpai. Rumah adat kalimantan tengah lengkap gambar dan penjelasannya orang dayak asli provinsi kalimantan tengah mempunyai rumah adat yang disebut rumah betang.

Gambar rumah adat kalimantan tengah diatas adalah rumah betang damang batu yang ada di wilayah desa tumbang anoi kecamatan kahayan hulu utara gunung mas. Seperti rumah adat kalimantan tengah pada umumnya yang dibangun dengan kayu ulin rumah betang toyoi pun demikian. Kayu ulin yang digunakan untuk membangun rumah ini usianya bisa mencapai 150 tahun.

Kalau di kalimantan barat rumah adatnya disebut rumah panjang di kalimantan utara disebut rumah baloy sedangkan di kalimantan timur terdapat.

2 Rumah Adat Kalimantan Tengah Yang Wajib Di Ketahui Adina

7 Rumah Adat Khas Kalimantan Tengah Borneo Id

Rumah Adat Kalimantan Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasan

Mengenal Rumah Betang Rumah Adat Dayak Kalimantan Tengah Youtube

Rumah Betang Bintang Patendu Di Desa Tumbang Manggu Semua Halaman Bobo

4 Rumah Adat Kalimantan Barat Gambar Dan Keterangannya

Rumah Adat Betang Penjelasan Gambar Keunikan Filosofi

Filosofi Rumah Huma Betang Arsitektur Dictio Community

Wadaya Warisan Budaya

Rumah Betang Dan Sejarahnya Tentang Suku Dayak Kalimantan

Rumah Betang Sungai Uluk Palin Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur

Rumah Betang Tambau Rumah Adat Muara Teweh Barito Utara Sering Jalan

4 Rumah Adat Kalimantan Tengah Yang Wajib Dikunjungi

Kalimantan Tengah Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


      edit

0 komentar:

Posting Komentar